Kamis, 18 Oktober 2012

Periklanan di Web

Bagaimanakah sebenarnya konsep periklanan di dunia Internet? Bagaimana para web marketer menentukan harga iklan banner mereka? Hal-hal mendasar seperti ini ternyata masih belum banyak diketahui para pengiklan yang ingin memasang iklan di Internet. Anggapan orang saat ini, periklanan di Internet hanyalah sekedar memindahkan media tempat beriklan dari media cetak atau elektronik biasa, ke media online yang lebih interaktif.
            Para pengiklan dan pemilik situs saat ini kebanyakan masih memiliki pikiran bahwa beriklan di Internet akan sama hasilnya dengan beriklan di media biasa. Padahal ada banyak fitur unik yang ada dalam periklanan di web. Selain lebih menarik, periklanan di web juga lebih interaktif. Anda bisa mengetahui dengan tepat keefektifan sebuah iklan Anda yang Anda pasang di web tertentu; misalnya berapa jumlah pengunjung yang melihat iklan Anda, atau berapa jumlah klik yang diperoleh iklan Anda. Bagi situs penerbitan online, memuat iklan banner selain memberikan keuntungan juga akan semakin mudah untuk dilakukan.
            Saat ini dengan menggunakan berbagai software manajemen iklan yang tersedia, pemasangan dan pencabutan iklan dapat dilakukan secara otomatis. Tak ada lagi kesulitan dan kerepotan mengatur pemasangan dan pencabutan sebuah iklan banner. Sering juga pemilik situs menetapkan harga yang tinggi untuk pemasangan iklan di situsnya, dan menunjukkan serangkaian angka hit rate atau page view yang besar untuk menyatakan betapa besarnya lalu lintas pengunjung di situs mereka.
            Memang angka hit dan page view yang besar bisa menunjukkan jumlah pengunjung yang besar di situs tersebut, tapi tidak selalu demikian. Hit bisa diartikan sebagai permintaan sebuah item dari suatu server web. Misalnya, jika pengunjung memanggil sebuah halaman dengan empat buah gambar, maka akan dihasilkan 5 hit; satu buat halaman, dan 4 buat gambarnya. Untuk itu, hit bukanlah petunjuk yang baik untuk mengukur lalu lintas di sebuah situs web, karena tidak menunjukkan jumlah pengunjung yang sebenarnya. Page View diartikan sebagai jumlah pengaksesan sebuah halaman web.
            Berbeda dengan hit, page view hanya menghitung jumlah berapa kali sebuah halaman diakses, sementara hit menghitung seluruh elemen yang ada dalam sebuah halaman, termasuk gambar. Namun page view pun menjadi sangat sulit untuk diukur, karena halaman juga termasuk frame yang membaginya menjadi beberapa bagian. Lalu apa yang bisa dipegang sebagai indikator tingginya lalu lintas pengunjung di sebuah situs web? Memang semua hal di atas bisa dijadikan indikator besarnya jumlah pengunjung sebuah situs. Tapi angka-angka itu sendiri tidaklah mutlak, karena banyak unsur yang terdapat dalam indikator tersebut yang membuatnya tampak begitu besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar